Cara membuat website paling mudah

3 Cara Membuat Website Paling Mudah

Posted on Posted in Pembuatan website, Tips

Cara membuat website sendiri sebenarnya bisa agak sedikit merepotkan untuk orang yang awam, tergantung cara kamu melakukannya. Untuk membuat sebuah website sebenarnya bisa menggunakan domain TLD apa saja, tapi kali ini saya akan membahasnya khusus dengan domain .com, karena domain ini memberikan beberapa keuntungan dalam penggunaannya.

Kalau kamu ingin membuat sebuah website, maka kamu tentunya harus memahami sedikit cara melakukan pemrograman. Bahasa yang minimal saudara ketahui adalah HTML, kalau kamu tidak paham bahasa yang satu ini, maka kamu bisa sangat kesulitan.. ( hehe )

Kali ini kita akan membahas 3 Cara Membuat Website Paling Mudah yang juga biasa kita temui..

  1. Level Pemula : Membuatnya dari blog gratis, dan mengganti dengan domain berbayar .com (jika pengetahuan pemrograman kamu sangat dasar) dan ini adalah cara paling mudah untuk mempunyai halaman web sendiri.
  2. Level Menengah : Menggunakan software CMS (Content Management System) seperti WordPress, sehingga kamu tidak perlu menguasai bahasa pemrograman atau script apapun untuk membuat website yang dikendalikan penuh alias hosting sendiri.
  3. Level Expert: Waw, yaa inilah level paling sulit. Dalam pembuatan website kamu harus menguasai beberapa bahasa pemrograman dan membuat tema sendiri dan databasenya dari nol lalu hosting pada sebuah server dengan nama domain tertentu.

Jadi bagi kamu yang baru memulai belajar membuat website, silahkan memilih satu dari 3 metode di bawah ini. Harap membaca link artikel pendukung yang disertakan pada setiap metode untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap.

 

Metode 1

Cara Membuat Website dari Blog Gratis

Mungkin di sini ada yang mau langsung komplain bahwa itu tidak sama dengan website. Sebenarnya yang seperti ini tidak perlu diributkan karena pada dasarnya kamu akan membuat halaman-halaman yang bisa diakses di dunia maya / internet.

Ini tidak lain dari sebuah website dengan fungsi yang terbatas, karena masih bergantung pada kebijakan "inang"-nya. Tapi sekali lagi saya tekankan, bahwa ini adalah cara paling mudah untuk membuat halaman web kamu online di internet.

  • Untuk membuat website dari blog gratis, maka pertama-tama kamu harus membuat akun pada penyedia layanan gratis ini. Pelajari cara membuatnya di artikel CARA MEMBUAT BLOG. Harap lakukan tahapan-tahapan yang ada di artikel tersebut dengan seksama.
  • Jika kamu sudah mendownload template yang kamu sukai, silahkan pasang template tersebut di blog kamu saat ini.

Baca artikel : CARA MENGGANTI TEMPLATE

  • Sekarang kamu sudah membuat blog yang akan menjadi website sederhana kamu. Tapi kalau punya sedikit kemampuan pemrograman, maka sebaiknya lanjut dengan mengedit template menjadi SEO Friendly.

Pelajari caranya CARA MEMBUAT TEMPLATE SEO FRIENDLY.

  • Setelah kamu menyelesaikan tahap akhir di atas, maka kamu sudah selesai membuat website sederhana ini, yang perlu kamu lakukan sekarang tinggal mengisi artikel-artikel ke dalam website sederhana ini.

( Baca artikel : CARA MEMBUAT ARTIKEL DI BLOGGER )

Setelah kamu selesai membuat website dari blog gratis, maka saatnya mengganti domainnya menjadi .com

Mengganti Domain menjadi .COM

Karena kamu menggunakan blog gratis, maka jelas kamu tidak memerlukan hosting. Kamu hanya memerlukan nama domain. Untuk memudahkan kamu, saya berikan masukkan yang praktis saja. Kamu bisa Googling untuk mencari penyedia jasa hosting dan nama domain, lalu hubungi Customer Servicenya dan beritahu bahwa kamu hanya ingin membeli nama domain. Selanjutnya CS akan mengarahkan kamu.

Kalau saya sendiri langganan di Niagahoster, karena mudah akses pembeliannya, pengaturan dalam webnya.

 

Metode 2

Membuat Website Dengan Memakai Host Sendiri CMS WordPress

Mungkin di sini ada di antara kamu yang mengatakan, kalau blogspot itu ada di bawah kendali Google. Salah sedikit saja bisa dihapus padahal capek membuatnya. Kalau ini yang menjadi masalah kamu, maka kamu harus membuat website yang mempunyai hosting sendiri. Untuk melakukan ini kamu harus mengupload ke hosting kamu file-file PHP atau sejenisnya.

Mungkin ada yang langsung bertanya "Jadi saya harus belajar bahasa pemrograman dulu ?" Itu adalah salah satu opsinya, Opsi lainnya adalah dengan menggunakan CMS wordpress. Dengan menggunakan ini kamu tidak perlu belajar bahasa Pemrograman apapun untuk memiliki sebuah website yang berada di bawah kendali kamu.

Berhubung pembahasan mengenai CMS wordpress dalam membuat website ini agak diperlukan pembahasan tersendiri, maka silahkan membuka link di bawah ini.

Cara Membuat Website Sendiri dengan CMS WordPress

Tapi bagi kamu yang suka tantangan lebih dan ingin memperlengkapi diri dengan kemampuan membuat theme yang bisa kamu kendalikan sesuka hati dan kembangkan fungsi-fungsinya, maka mungkin mendorong diri kamu untuk lebih jauh mempelajari bahasa Pemrograman bisa menjadi lebih best dibidang website ( hehe )

 

Metode 3

Membuat Website Dengan Bahasa Pemrograman  Sendiri

Untuk membuat website sendiri, kamu harus benar-benar mempunyai pengetahuan pemrograman, karena kalau hanya menguasai HTML, maka hasilnya bisa jadi website yang menyedihkan dalam arti yang sesungguhnya.

Kalau kamu ingin membuat website dari file yang bisa di hosting, maka setidaknya kamu harus menguasai 3 hal :

  • Bahasa Pemrograman Tertentu seperti PHP
  • Penggunaan Software Editor File Web
  • Pengelolaan database seperty MySQL

Belajar Bahasa Pemrograman Untuk Membuat Website

Kalau kamu mau belajar, maka sebaiknya kamu membeli satu buku panduan di toko buku tentang PHP dan MySQL. Atau kalau kamu mau belajar sendiri kamu bisa mencoba website yang luar biasa W3SCHOOL (harus ada dasar bahasa inggris yang cukup). Lihat menu pembelajarannya di sidebar sebelah kiri.

Belajar Program Pembuat Website Seperti Dreamweaver

Menguasai bahasa pemrograman saja tidak berarti kamu bisa membuat websitenya tanpa bantuan, jadi kamu perlu belajar cara membuat website dengan menggunakan software. Salah satu software yang cukup umum digunakan adalah Adobe Dreamweaver.

Kamu bisa membeli buku panduan Adobe Dreamweaver di toko-toko buku terdekat, karena panduan menggunakan buku jauh lebih terstruktur. Kalaupun kamu harus belajar dari dasar, tidak akan terlalu sulit. Dalam jangka waktu sekitar 2 minggu kamu sudah bisa merampungkan website PHP sederhana milik sendiri.

Bagaimana Kalau Malas Membuat Template Website Sendiri?

Kalau kamu malas membuat template sendiri, maka sebaiknya mendownload template PHP yang sudah jadi. Salah satu penyedia template PHP gratis adalah http://www.phpjabbers.com/free-website-templates.php. Kamu bisa memilih beragam template pada situs ini, tapi harus daftar dan login dulu kalau mau download.

Kalau kamu sudah dapat templatenya, maka silahkan edit templatenya dengan menggunakan Adobe Dreamweaver, jika diperlukan. Bagian terpenting dari sebuah website PHP adalah kamu harus paham bagaimana cara menggunakan halaman PHP yang khusus untuk ADMIN, atau bagaimana cara mengubah struktur database MySQL sesuai kebutuhan.

Oke teman sekian dulu penjabaran 3 Cara Membuat Website Paling Mudah, Semoga bermanfaat dan berguna untuk kamu yang serius mendalami bidang website.

Jangan lupa Bagikan pos ini bila bermanfaat, Terima kasih.

Pos Terkait :

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

4 thoughts on “3 Cara Membuat Website Paling Mudah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *