Belajar-HTML-Memilih-Aplikasi-Editor-HTML-Notepad+

Belajar HTML Part 3 : Memilih Aplikasi Editor HTML

Posted on Posted in Belajar HTML

Setelah web browser berhasil diinstal, untuk membuat kode HTML, kita membutuhkan sebuah aplikasi text editor. Dalam tutorial HTML kali ini kita akan membahas tentang cara memilih aplikasi text editor yang sesuai, salah satunya adalah Notepad++.


Memilih Aplikasi Editor HTML

Memilih sebuah aplikasi editor HTML tidaklah terlalu sulit. Aplikasi editor HTML digunakan untuk mempermudah kita membuat kode HTML. HTML sendiri pada dasarnya hanya text biasa yang ditulis dalam kode-kode khusus. Web Browser-lah yang akan menerjemahkan kode HTML ini menjadi sebuah tampilan halaman web.

Untuk membuat kode HTML maupun halaman web sederhana, kita tidak perlu menggunakan aplikasi yang besar dan berat. Aplikasi Notepad bawaan Windows sudah cukup untuk membuat kode HTML. Namun untuk tutorial belajar HTML ini saya akan menggunakan aplikasi Notepad++.

Aplikasi Notepad++ bisa di download secara gratis dari http://notepad-plus-plus.org/download/ dimana versi terbaru adalah 7.3.2. Notepad++ merupakan aplikasi editor text gratis ringan namun memiliki banyak fitur. Salah satunya adalah fitur pewarnaan code (syntax highlighting). Fitur ini akan memudahkan penulisan HTML.

Pilihan bahasa HTML di Notepad++


Bagaimana dengan Adobe Dreamweaver ?

Aplikasi Adobe Dreamweaver merupakan aplikasi web editor yang paling populer. Dreamweaver menyediakan fitur melimpah untuk sekedar membuat halaman web dengan kode HTML. Dreamwever tidak hanya sebuah text editor untuk HTML saja, namun juga untuk berbagai bahasa pemograman web lainnya.

 

Dibalik keunggulannya, menurut saya Dreamweaver tidak cocok untuk proses belajar. Aplikasi ini cenderung ‘berat’ dan berharga jutaan rupiah untuk versi legalnya. Sekarang hanya bisa didapat dengan cara berlangganan setiap bulan. Dreamweaver lebih cocok digunakan jika anda telah memahami kode-kode program yang ada dibaliknya (dan mampu membeli versi originalnya).

Tetapi apapun text editor yang digunakan, hal ini tidak menjadi masalah. Karena selama text editor itu dapat menulis dan menyimpan text, aplikasi tersebut sudah lebih dari cukup sebagai editor HTML.


Setelah aplikasi web browser dan text editor telah tersedia dalam komputer, saatnya untuk mencoba menjalankan file HTML pertama kita.

Jangan lupa Bagikan pos ini bila bermanfaat, Terima kasih.

Pos Terkait :

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *