Cara buat blog

Cara Membuat Blog SEO Friendly

Posted on Posted in Blog, Pembuatan website, Tips

Semakin banyak orang yang melihat potensi dari blog dan berharap menjadi blogger yang terkenal. Tentunya sebagai langkah awal di dunia blogging kamu harus mengetahui cara bikin blog. Ada banyak platform blog yang bisa kamu coba, tetapi saat ini yang paling praktis masih blogspot.

Untuk mengetahui cara bikin blog di blogspot anda haruslah mempunyai sebuah akun Google terlebih dahulu. kamu bisa memiliki akun ini dengan bikin sebuah akun email baru di Google yang biasa kita sebut sebagai GMAIL. Jika saat ini kamu belum mempunyai akun ini silahkan baca artikel di bawah ini untuk panduan buatnya :

CARA MEMBUAT EMAIL GOOGLE (GMAIL) BARU

Kalau kamu saat ini sudah mempunyai akun email tersebut, maka silahkan ikuti prosedur sederhana di bawah ini untuk memulai pembuatan blog.
 

BAGAIMANA CARA BUAT SENDIRI AKUN BLOG BARU DI BLOGSPOT ?

Untuk buat sebuah akun di blogspot sangatlah mudah. Bahkan anak SD saja sudah banyak yang mengetahui cara ini, jadi saya yakin kamu pun tidak akan mengalami kesulitan di sini.

  1. Silahkan kunjungi alamat www.blogger.com dan masukkan username dan password dari akun Gmail kamu.
  2. Dalam halaman dasbor, kamu akan melihat gambar kamu, dan di bawah gambar itu ada sebuah tombol "Blog Baru". Klik pada tombol itu untuk memulai memulai pembuatan blog.
  3. Kamu akan melihat sebuah formulir yang harus diisi untuk bikin blog baru kamu. Di dalam formulir ini kamu diminta mengisi Judul Blog, Alamat Blog, dan Template Dasar.
  4. Panduan untuk kamu :
    • Pastikan Judul, dan Alamat Subdomain yang kamu pilih mengandung kata kunci yang kamu targetkan. Atau sembarang saja jika kamu berniat mengganti subdomain blogspot kamu dengan domain sendiri nantinya (entah itu .com, .org, .net, dll).
    • Untuk bisnis online sangat disarankan untuk mengganti nama domain agar terlihat lebih profesional dan tentunya menunjang SEO jika nama domain kamu bisa tepat sama dengan kata kunci yang kamu kejar. (Biayanya cuma Rp.100.000/tahun).
  5. Setelah kamu selesai di formulir ini silahkan klik tombol BUAT BLOG, dan selesai.
Sampai di sini kamu sudah tahu cara membuat blog di blogspot. Tapi blog kamu masihlah blog yang sangat standar dan belum ada isinya. kamu akan sangat sulit bersaing di Google ataupun di pasar bisnis online jika hanya mengandalkan blog alakadarnya ini. Jadi kamu harus tahu bagaimana cara bikin blog anda terlihat lebih menarik.
 


Cara bikin Tampilan Blog Baru Anda Lebih Keren Dan Elegan

Sekarang blog kamu sudah jadi, tapi tampilannya masih sangat standar sekali. Jadi ada baiknya kamu melakukan penggantian template agar tampilan blognya menjadi lebih keren dan lebih profesional. Untuk melakukan ini saudara bisa mengunjungi http://btemplates.com/.

kamu akan melihat bahwa pada situs btemplates ini ada banyak sekali template yang menarik untuk kamu gunakan. Tapi sebelum kamu memilih yang mana yang akan kamu gunakan untuk bikin blog menjadi lebih keren, ada baiknya kamu mengklik dulu link DEMO untuk melihat bagaimana tampilan online dari template tersebut.

Contoh web btemplates
Contoh web btemplates

kamu akan diperlihatkan tampilan dari template yang sudah diterapkan pada sebuah blog. Jika kamu menyukainya, maka silahkan mengklik tombol DOWNLOAD yang ada pada navbar paling atas (lihat gambar di bawah)

Keterangan download button
Keterangan download button

Kamu akan diarahkan ke halaman detail template dan di sana ada sebuah link download. Silahkan klik pada link tersebut untuk mengunduh template blog kamu anggap bisa membuat blog kamu terlihat lebih profesional.

keterangan download blog
keterangan download blog
Akan muncul kotak dialog untuk konfirmasi download kamu, klik OK

Kotak download
Kotak download

Tunggu sampai pengunduhan file ZIP kamu selesai. Jika sudah selesai; ekstraksi file ZIP tadi. Anda akan memperoleh sebuah folder yang di dalamnya ada file XML. File inilah yang akan kamu upload pada blog baru yang tadi anda bikin di blogspot. Pada contoh di bawah ada 2 file XML, yaitu versi dengan slideshow dan tanpa slideshow.

Folder download template
Folder download template

Sekarang kamu sudah mempunyai sebuah template yang keren dan modis yang bisa dipasangkan pada blog yang baru kamu bikin ini. Tapi bagaimana cara memasang templatenya? Sederhana saja, Masuklah ke menu TEMPLATE dari blog kamu dan cari tombol CADANGKAN DAN PULIHKAN di kanan atas layar kamu. 

Upload Template Blog
Upload Template Blog
Akan muncul kotak pop-up. Silahkan klik browse dan buka file XML yang sebelumnya sudah kamu ekstrak dari file ZIP. Setelah itu kamu memilih filenya silahkan klik UNGGAH

Unggah file blog
Unggah file blog

Tunggu sampai unggahan selesai, dan kamu akan melihat tampilan dari blog kamu sudah berubah sesuai dengan tampilan template blog keren yang sebelumnya kamu pilih dan unggah. Jadi sampai di sini kamu sudah tahu cara bikin blog kamu tampil keren dan profesional. Hanya saja blog yang keren itu akan percuma jika tidak ada orang yang bisa menemukannya.

Yang perlu kamu pelajari berikutnya adalah bagaimana cara agar blog anda menjadi SEO friendly ready. Ini adalah langkah yang sangat penting dalam pembuatan blog kamu karena SEO inilah yang akan membuat blog kamu bisa masuk ke halaman pencarian di mesin pencari seperti Google.


Belajar Cara bikin Blog Menjadi Lebih SEO Friendly

Sekarang kamu sudah paham bagaimana cara bikin blog dan mengganti tampilannya. Dengan kata lain kamu sudah mempunyai sebuah blog dan blog itu sudah terlihat keren. Tapi apakah blog kamu sudah bisa bersaing di Google ? Tentunya bisa saja dicoba, tapi akan jauh lebih mudah jika kamu melakukan optimasi SEO terlebih dahulu.
 
Apa yang dimaksud dengan SEO itu? SEO adalah usaha agar blog kamu bisa muncul di halaman pencarian Google saat seseorang mencari sesuatu yang berkenaan dengan blog anda. SEO ini ada onpage dan juga ada Offpage. Onpage adalah segala sesuatu yang perlu kita lakukan pada blog kita, sedangkan offpage adalah yang perlu kita lakukan di luar mengedit blog kita.
 
Jadi kita di sini cuma bisa melakukan onpagenya saja, Perlu diingat bahwa kamu tidak perlu melakukan ini pada template yang sudah diklaim sebagai SEO friendly.
 

Cara bikin Title Tag Blog Menjadi SEO Friendly

Untuk bikin blog kamu menjadi lebih SEO Friendly, maka ini adalah sesuatu yang perlu kamu lakukan. Tapi sebelum kamu melakukannya perhatikan dulu apakah title tag kamu sudah benar atau belum benar? Bagaimana cara mengetahuinya? Mudah saja :
  • Bukalah homepage dari blog kamu dan lihat bagian tab dari blog anda apakah menampilkan judul blog kamu ?
  • Jika sudah, sekarang buka satu artikel anda dan lihat tab browser anda, apakah menampilkan judul artikel kamu ?
Jika judul blog sudah ditampilkan di halaman homepage, dan judul artikel sudah ditampilkan di halaman artikel maka itu sudah cukup baik. Lihat gambar di bawah ini
 
title seo blog
Title seo blog
 

Sebaliknya, jika tampilan judul blog kamu belum seperti di atas, maka coba gantikan kode <title>.... </title> yang ada di dalam menu TEMPLATE > EDIT HTML agar terlihat seperti di bawah ini :
    <b:if cond='data:blog.pageType == &quot;index&quot;'>
    <title><data:blog.pageTitle/></title>
    <b:else/>
    <title><data:blog.pageName/></title>
    </b:if>
 
Jika sudah selesai, tekan tombol SIMPAN TEMPLATE.
 

Cara bikin Meta Description Blog Lebih SEO Friendly

Untuk bikin meta description dari blog kamu menjadi lebih SEO Friendly lakukan langkah-langkah di bawah ini :
  • Buka menu SETELAN > PREFERENSI PENELUSURAN dan lihat bagian paling atas halaman
  • Klik EDIT pada TAG META Deskripsi
  • Pilih Ya
  • Masukkan 150 karakter yang kamu anggap mengandung kata kunci yang kamu incar dan paling tepat menggambarkan isi dari halaman muka blog kamu, karena ini adalah tempat memasukkan meta description untuk homepage.
  • Klik Simpan Perubahan, maka kamu sudah mengaktifkan meta description pada blogspot kamu.

Setelah kamu mengedit 2 hal di atas; kembalilah ke menu TEMPLATE > EDIT HTML dan klik pointer kursor kamu di antara kode-kode yang ditampilkan setelah itu tekan CTRL+F

  • Masukkan kode <h3> dan tekan enter, anda akan di bawah menuju kode tersebut dan ubahlah menjadi <h2>. Tekan enter lagi untuk menemukan <h3> yang lainnya dan ubah semuanya menjadi <h2>. Jika enter anda tiba-tiba merusak kode, cukup tekan saja CTRL+Z untuk UNDO dan mengembalikan perubahan terakhir
  • Ganti kode <h3> yang ada di kotak pencarian menjadi </h3>, lalu tekan lagi enter untuk mencari semua kode itu dan ubah jadi </h2>.
  • Jika sudah selesai, tekan tombol jingga SIMPAN TEMPLATE.

Semua perubahan di atas mungkin hanya akan membawa onpage blog kamu menjadi 70% SEO Friendly, tapi itu sudah cukup sebagai awalan. Nanti ke depannya kamu akan mempelajari teknik-teknik lanjutan untuk bikin blog anda menjadi lebih SEO lagi.

 

Jangan lupa Bagikan pos ini bila bermanfaat, Terima kasih.

Pos Terkait :

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
8

3 thoughts on “Cara Membuat Blog SEO Friendly

  1. I precisely had to thank you very much yet again. I’m not certain what I could possibly have undertaken without the actual creative concepts provided by you over my problem. Certainly was a real intimidating issue in my opinion, but considering your skilled strategy you processed that took me to leap for fulfillment. I’m just happy for your assistance and then pray you know what a powerful job your are undertaking teaching many others thru your website. Probably you’ve never encountered all of us.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *