Panduan Cara Membuat Website Untuk Pemula

Posted on Posted in Pembuatan website

Kalau kamu baca ini berarti kamu lagi belajar cara bikin website dan kamu sudah berada di tempat yang tepat. Panduan ini ditulis dengan bahasa yang sederhana dan bisa di pahami siapa saja. Saya tidak menjual jasa pembuatan website tetapi saya senang membantu orang-orang untuk membuat website DIY (Do it Your Self) dan saya akan memberitahu bagaiman cara membuat website dengan mudah.

Siapkan kopi di meja terus bacalah dengan sabar sampai habis karena panduan ini panjang tetapi kalau kamu baca sampai habis saya yakin kamu bakal mengetahui caranya membuat website dan kalau langsung di praktekan kamu pasti sudah punya website setelah baca artikel ini. (Saya yakin itu, kasih saya kesempatan untuk menyakinkan itu)

Kamu bakal suka sama panduan ini!

  • Pemula Banget

    Panduan ini detail, tapi gampang banget untuk di ikuti bahkan buat yang gak ngerti sekalipun.

  • Cepat

    Proses pembuatan website sangat cepat, kamu bisa punya website hanya dalam 1 hari.

  • Selalu Terbaru

    Artikel ini selalu saya review biar selalu cocok dengan perkembangan teknologi IT terbaru.

  • Bantuan Gratis

    Saya menyediakan bantuan gratis secara komprehensif bagi yang mengikuti panduan disini.

LANGKAH 1

Pilih platform untuk membuat website

Pokoknya sebelum kamu kawatir tentang nama domain (www) atau gimana bentuk desainnya, kamu harus pilih dulu platform yang bakal di pakai.

Maksudnya "platform" apa sih ?

Gini loh, dulu awal tahun 2000an untuk bikin website saya harus belajar bahasa program HTML (pemrograman web), CSS (untuk desain website biar cakep) dan pakai Flash (buat animasi bergerak). Ini proses belajar yang panjang dan makan waktu dalam proses pembuatannya.

Makanya kebanyakan orang masih punya pikiran kalau bikin website dari awal itu susah. Harus punya keahlian khusus baru bisa buat website – sebenarnya sekarang gak seperti itu!

Sederhananya CMS adalah platform untuk membuat website, jadi kita tinggal bikin artikel  website ketimbang pusing sama kode-kode pemrogramman HTML. (FYI, untuk bikin 1 artikel saja butuh kode ngetik kode HTML yang lebih panjang daripada nulis artikelnya).

Nah ini tiga platform yang paling banyak di pakai didunia :

platform membuat website

WordPress(67%), Joomla(12%), Drupal(7%)

Coba lihat betul-betul 67% website yang ada di buat pakai platform wordpress. Statistik ini saya ambil dari website opensourcecms.com

Kok bisa semua orang pakai WordPress?

Karena platform WordPress sangat itu LUAR BIASA!  Tapi yang paling penting…

Gratis Gak Perlu Bayar

Tidak di pungut biaya sepeser pun untuk nge-download, install, atau modifikasi. WordPress di dukung komunitas yang sangat besar dan kebanyakan semua kasih gratis jadi perkembanganya juga cepat.

Cocok Buat Pemula

Kalau kamu bisa pakai Microsoft Word berarti kamu sudah bisa bikin artikel di website. WordPress juga punya yang namanya plugin gratis, jadi kamu bisa bikin pooling, rating artikel, album foto, formulir kontak, dengan sangat mudah.

Website Besar atau Kecil? Bukan Masalah

Dari yang cuma website blog biasa sampai ke bisnis oniline atau bahkan toko online WordPress bisa bikin jenis website apa saja

Website Responsive

Maksudnya website pakai wordpress sudah bisa di akses pake HP atau tablet dan yang keren nya tampilan website langsung menyesuaikan sendiri dengan ukuran gadget pembaca website kita, jadi mantap pokoknya.

Komunitasnya Banyak Banget

Karena banyak yang pake platform ini, jadi gampang pula cari panduan dimana-mana tinggal buka google pasti lengkap artikelnya tentang wordpress.

Sebenarnya website yang lagi kamu baca sekarang ini dibuat pake wordpress loh!

Tentu, ada banyak CMS/Platform untuk membuat website

Joomla hampir sama dengan wordpress, gak kalah bagus juga sih dengan wordpress cuma sedikitnya kamu harus bisa hal teknis seperti kode-kode pemrogramman, biar website nya bisa sesuai selera kamu.

Drupal canggih tapi saya sangat gak rekomendasikan buat pemula karena drupa cocoknya buat sama yang sudah ahli dalam mengembangkan website. Pilihan buruk buat pemula kalau pakai platform ini.

Kalau gak mau pakai wordpress bagaimana? boleh boleh aja, kamu bisa pakai CMS lain atau bahkan bisa juga pakai kode HTML tapi ingat ya harus pelajari dulu bahasa programnya, ribet kan!

Untuk pemula saya menyarankan
membuat website pakai wordpress

Sudah jelas, sepengalaman saya pribadi yang paling gampang dipakai dan di pelajari ya wordpress, jadi gak usah kawatir wordpress cocok juga buat siapa saja.

Di langkah kedua berikutnya, kita bakal belajar langkah-langkah nya memilih domain www untuk website kamu dan tempat yang cocok untuk taruh websitenya.

Di langkah ketiga, saya bakal tunjukin cara-cara yang perlu kamu tau untuk install wordpress dan cara memodifikasi wordpress website, pokoknya jangan pusing duluan karena saya bakal kasih langkah dan gambar-gambar detail biar gak bingung.

Tugas!

Perlu dipahami sebelum lanjut, pastikan kamu sudah buat keputusan untuk pake WordPress sebagai platform website mu, karena dibawah ini saya bakal jelasin cara membuat website pakai wordpress.

Sampai disini gak ada yang perlu di install atau download, cukup lanjut baca ke langkah dua.

LANGKAH 2

PILIH NAMA DOMAIN DAN WEB HOSTING

Biar website nya online bisa di akses dimana-mana, cukup 2 hal :

  1. Nama Domain (yaitu nama website kamu www.namawebsitesaya.com)
  2. Hosting (yaitu tempat dimana kamu bakal taruh semua file website kamu biar bisa di akses orang di seluruh dunia)

WordPress platform 100% gratis, tapi untuk nama domain dan hosting nya gak gratis jadi kita harus beli. Jangan kawatir biayanya gak mahal, harganya berkisar Rp 15 ribu sampai Rp 60 ribuan per bulan (lebih murah lah dari harga coffe di starbucks, jd gak perlu bongkar tabungan)

Punya domain sendiri bikin website kamu jadi proffesional contoh http://wwww.namakamu.com daripada numpang sama domain orang  http://namakamu.blogspot.com, lagi pula toh harganya domain dan hosting gak mahal-mahal amat!

Dimana bisa beli domain dan hosting?

Saya pilih Niagahoster.co.id tempat untuk beli domain dan hosting indonesia.

Disitu harganya terjangkau, pelayanan nya juga bagus, cepat dan 24 jam. Terkadang ada promosi gratis domain jadi tinggal beli hosting saja sudah dapat gratis domain.

Kalau sudah beli domain kamu juga bakal punya email sendiri seperti kamu@namadomainmu.com, otomatis lebih profesional daripada pakai Gmail/Yahoo.

Kalau kamu sudah beli domain? Bisa langsung loncat aja ke langkah 3, kita langsung buat website kamu.

Pilih Nama Domain Website yang Cocok?

Coba pikirin…

  • Kalau kamu buat website untuk perusahaan kamu, ya coba sesuaikan dengan nama perusahaan. Contoh: NamaPerusahaanAnda.com
  • Kalau berencana buat website untuk pribadi, bisa pakai nama kamu sendiri. Contoh: NamaSaya.com
  • Kalau buat jualan bisa bikin nama toko online yang mau di buat atau bisa juga nama barang yang mau di bikin. Contoh: taskulit-shop.com, cantik-shop.com

Nama domain umumnya di akhiri pakai .com, .net, atau .org tapi belakangan ini sudah banyak nama domain pilihan seperti .clothing,  .singles, .tips, .computer dan banyak lagi. Kamu bebas memilih nama domain dan akhiran .com .net atau .org cuma perlu di ingat kalau khusus domain akhiran .id, .or.id dan co.id kamu perlu menyediakan dokumen khusus untuk pembuatan domain sesuai dengan ketentuan masing-masing domain karena itu adalah domain khusus indonesia.

Saran saya? gak usah pakai yang aneh-aneh, pakai saja yang sudah umum .com .net atau .org toh kebanyakan orang juga taunya cuma .com saja.

selain itu .com .net .org sudah umum dikenal banyak orang, jadi bakal lebih mudah juga mereka ingat nama website kamu.

Bagaimana seharusnya memilih domain?

  1. Apakah mengarah ke Brand? Contoh misal website tentang lirik lagu, lirik-lagu.com
  2. Apakah mudah di ingat? Nama domain yang pendek dan jelas mudah di ingat ketimbang nama domain yang panjang
  3. Apa nama domain menarik? tentu kita pengen kalau domain kita menarik dan gampang di ucapkan. Tapi sebenarnya sudah banyak website yang aktif sekarang pakai nama domain yang menarik – tapi jangan menyerah pasti bisa dapat nama domain yang cocok.

Intinya sih kalau kamu sudah dapat nama yang cocok dan kamu suka, tinggal pakai itu saja.

Tugas 2!

  1. Pilih nama domain kamu, pikir dulu masak-masak sebelum beli domain. Nama domain harus mencerminkan nama kamu, perusahaan kamu , atau bisnis kamu.
  2. Kalau nama domain sudah pasti, langsung beli domain dan hosting nya melaluiwww.niagahoster.co.id  (prosesnya mudah dan gak sulit)

LANGKAH 3

INSTALASI DAN MODIFIKASI WEBSITE

Kalau sudah beli domain dan hosting sebenarnya website kamu sudah bisa di akses online, cuma isinya masih kosong, kita perlu install wordpress nya.

Install WordPress

Setidaknya ada 2 cara untuk menginstall wordpress ke hosting. Cara pertama sangat mudah daripada yang ke dua.

Kalau kamu ikuti rujukan saya untuk beli hosting niagahoster kamu bisa pakai cara 1 karena mereka menyediakan fasilitas ini, tapi kalau di tempat hosting lain bisa merujuk cara 2(kalau tempat lain ada fasilitasnya bisa pakai carai 1 juga).

1. One Click Installation untuk wordpress, joomla atau drupal

Kebanyakan hosting yang bagus pasti menyediakan one click installation, maksudnya untuk install wordpress kita tinggal klik-klik saja.

Pada dasarnya semua caranya sama walau kamu beli hosting di tempat lain, caranya seperti ini:

  • Masuk ke hosting account
  • Cari Control Panel (cPanel)
  • Klik Softaculous Apps Installer  kemudian klik wordpress

installer website wordpress di hosting

  • Klik Install

install website wordpress

  • Muncul form untuk instalasi, saran saya HAPUS KATA WP di kolom In Directory ini berarti kamu akan install wordpress langsung di website kamu.

konfigurasi install website wordpress

  • Sekarang klik install, proses instalasi akan jalan dengan sendirinya.

2. Manual Install

Karena alasan lain mungkin hosting kamu gak punya fasilitas one click install, kamu bisa cara manual dan cara ini sedikit ribet tapi bisa di ikuti kok. Maksudnya manual adalah kita download file wordpress ke komputer kita terus semua file wordpress kita upload ke server hosting yang kamu beli.

Untuk pakai cara manual kita butuh informasi username dan password  FTP, kalau kamu sudah beli hosting pasti mereka kasih informasi ini jadi simpan baik-baik informasinya.

1 ) Klik wordpress.org untuk download kalau sudah selesai bisa ekstrak filenya kedalam satu folder. Buka folder dan cari file wp-config-sample.php ganti nama ke wp-config.php

2 ) Buke wp-config.php pakai notepad cari baris di seperti di bawah kemudian ganti sesuai dengan settingan database yang kamu dapat dari tempat hosting kamu, terus simpan.

  • define(‘DB_NAME’, ‘database_name_here’);
    Ubah yang di cetak tebal dengan nama database
  • define(‘DB_USER’, ‘username_here’);
    Ubah yang di cetak tebal dengan nama username database
  • define(‘DB_PASSWORD’, ‘password_here’);
    Ubah yang di cetak tebal dengan password database

Note: Beberapa hosting memberikan informasi username dan password sewatu kamu beli, biasanya mereka kirimkan via email. Ayo cek lagi email kamu kalo gak ada pastikan lagi ke hosting support nya. 

3 ) Kemudian upload semua file wordpress ke server hosting pakai aplikasi FTP client yang bisa di download melalui filezilla-project.org.  Download dan install! Jalankan aplikasi FTPnya masukan username dan password kemudian klik tombol Quickconnect .

4 ) Jika sudah terhubung kita tinggal upload dari kolom (folder wordpress di komputer kita) ke kolom kanan (folder hosting di mana kita mau upload kesitu). Kalau ada file index di kanan hapus saja dulu karena kita akan ganti dengan file indexdari wordpress

Note: Oh ya kamu harus tau file uploadnya di upload ke folder mana, coba deh tanya ke support hostingnya karena masing-masing hosting beda.

Proses upload akan sangat lama bergantung dari kecepatan internet kalian. Jangan sampai ada file yang gagal, nanti website mu bakal muncul error.

upload file website ke hosting

Upload Ke Hosting pakai FTP

5 ) Jika sudah selesai upload, akses halaman website mu http://domainanda.com maka secara otomatis akan di arahkan ke halaman instalasi awal, tampilanya kurang lebih seperti ini:

tampilan awal website wordpress

Tampilan Awal WordPress

Ikuti langkah installasinya sampai dengan selesai.

Note: Catat username dan password yang kamu buat untuk masuk ke wordpress, soalnya banyak kasus baru buat wordpress pada lupa password!

Sampai disini website kamu seharusnya sudah jadi dan sudah bisa di akses online oleh siapa saja.

Jangan lupa Bagikan pos ini bila bermanfaat, Terima kasih.

Pos Terkait :

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

4 thoughts on “Panduan Cara Membuat Website Untuk Pemula

  1. I found your blog website on google and verify a number of of your early posts. Proceed to maintain up the very good operate. I simply extra up your RSS feed to my MSN News Reader. In search of ahead to reading more from you later on!?

  2. Aku lagi belajar bikin website ne. Sekarang lagi cobain wordpress hosting niagahoster. Lumayan gampang juga bikin website pake wordpress hosting buat pemula. Apalagi abis baca artikel ini gan, bisa buat referensi juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *