Perbandingan Kecepatan Internet 4G Mobile di Jakarta

Posted on Posted in Blog, Technology, Tips

Teknologi telekomunikasi 4G LTE sudah menjadi standar dalam layanan seluler di Indonesia pada tahun 2017. Semua operator seluler di dalam negeri telah menerapkan teknologi yang disebut-sebut mampu memberikan kecepatan transfer data hingga 300 Mbps kepada para penggunanya ini.

Meski telah menerapkan standar telekomunikasi yang serupa, penerapan dan kemampuan jaringan 4G yang dimiliki tiap operator seluler tidaklah sama. Perbedaan tersebut tak hanya meliputi cakupan wilayah yang telah terlayani dengan jaringan 4G, tapi juga kecepatan data maksimal yang bisa diakomodasi tiap operator seluler serta kinerja jaringan sesungguhnya yang dirasakan konsumen di lapangan.


Kami melakukan uji komparasi jaringan 4G dari lima operator seluler di lima daerah di Jakarta. Semoga saja perbandingan ini bisa memberikan gambaran umum operator seluler mana yang cocok untuk kebutuhan kamu.


Telkomsel

Operator seluler yang merupakan anak perusahaan dari BUMN Telkom ini mengklaim telah menyediakan jaringan 4G LTE terluas di Indonesia. Berdasarkan situs resminya per September 2017, Telkomsel mengklaim telah menyelimuti 480 kota di seluruh Indonesia dengan jaringan 4G.

Telkomsel mengklaim bahwa jaringan 4G yang beroperasi pada frekuensi 900 dan 1.800 MHz miliknya mampu melayani kecepatan download hingga 100 Mbps. Namun menurut penelitian yang dilakukan oleh lembaga riset telekomunikasi internasional OpenSignal, rata-rata kecepatan download yang  diakses oleh tiap penggunanya hanya sebesar 11 Mbps.

Bagaimana dengan rata-rata kecepatan internet Telkomsel di sejumlah daerah di Jakarta? Kecepatan download tertinggi yang kami dapatkan adalah 15,59 Mbps, sedangkan untuk upload  berhasil menyentuh 20,1 Mbps.

Tapi secara keseluruhan bisa ditarik kesimpulan operator seluler ini memiliki jaringan yang cukup stabil baik upload maupun download. Cocok  juga untuk pekerja yang kerap berada di luar kantor dan juga content creator yang kerap melakukan streaming atau upload video.


Indosat Ooredoo

Salah satu pelopor penyedia jaringan telekomunikasi seluler di Indonesia ini mengoperasikan jaringan 4G miliknya di frekuensi yang serupa dengan Telkomsel. Indosat Ooredoo mengklaim memiliki salah satu teknologi 4G tercepat di Indonesia dengan jaringan bernama “SUPER 4G-LTE” miliknya.

Indosat Ooredoo telah mengadopsi teknologi 4.5G yang mampu melayani download dengan kecepatan hingga 185 Mbps serta upload dengan kecepatan hingga 41 Mbps. Meski memiliki kemampuan jaringan yang cukup luar biasa, OpenSignal mencatat kemampuan jaringan Indosat Ooredoo secara rata-rata hanya memberikan kecepatan unduhan sebesar 10 Mbps kepada penggunanya.

Dari hasil pengujian kami, di empat kawasan Jakarta Indosat cenderung berada pada kecepatan yang tidak bisa dibilang tinggi. Terbukti dengan di tiga titik pengujian kecepatan download yang berhasil kami dapatkan hanya kurang dari 2 Mbps. Namun rasanya, kamu tetap masih bisa bekerja secara mobile dengan internet pada kecepatan tersebut.


XL Axiata

Penyedia layanan telekomunikasi seluler swasta pertama di Indonesia ini merupakan salah satu operator yang memelopori implementasi jaringan 4G di Indonesia. Pertama kali diuji coba di Lombok pada tahun 2015 lalu, kini XL Axiata mengklaim telah melayani 330 kota di seluruh Indonesia dengan jaringan 4G miliknya, serta melengkapi beberapa kota terpilih dengan teknologi 4.5G yang memiliki kecepatan lebih tinggi.

Jaringan 4G milik XL Axiata diklaim mampu menangani kecepatan download hingga 100 Mbps. Sayangnya, jaringan 4G XL Axiata lebih terpusat di kota-kota besar di Indonesia meski dengan kecepatan downloadrata-rata tertinggi di Indonesia hingga mencapai 12 Mbps menurut laporan dari OpenSignal.

Bagaimana dengan hasil pengujian kami di lapangan? Sayangnya performa XL cenderung tidak merata. Ada yang cukup baik sampai kami berhasil mendapat kecepatan download dan upload yang nyaris seimbang di kisaran 10 sampai 11 Mbps, namun ada yang rata-rata kecepatannya di bawah kebutuhan minimal sehingga kemungkinan berpotensi mengganggu produktivitas kamu yang bekerja dengan internet secara mobile


Smartfren

Operator telekomunikasi milik Sinar Mas Group ini sebelumnya mengoperasikan jaringan seluler dengan teknologi CDMA. Smartfren juga merupakan operator seluler pertama di Indonesia yang mengoperasikan jaringan 4.5G, dengan memanfaatkan teknologi Time Division Duplex (TDD) dan Frequency Division Duplex (FDD) yang memberikan kecepatan download hingga 300 Mbps.

Meski mengoperasikan teknologi 4.5G yang tampak fantastis di atas kertas, namun cakupan jaringan Smartfren masih sebagian besar baru tersedia di belahan Barat Indonesia seperti Jawa dan Sumatera. Rata-rata kecepatan download aktual yang bisa diakses pelanggan pun “hanya” mencapai 7 Mbps menurut OpenSignal.

Bila di atas kertas terlihat cukup menjanjikan, ternyata kemampuan download Smartfren justru di atas rata-rata. Kecepatan download di banyak titik pengujian melewati 5 Mbps bahkan angka tertingginya mencapi 40 Mbps.

Hanya satu titik pengujian saja yang hasilnya tidak begitu menggembirakan. Meski begitu, kemampuan uploadnya tidak berbanding lurus dengan angka terendah ada di 0,09 Mbps. Kamu yang banyak berurusan dengan aktivitas streaming atau hal lain yang membutuhkan kecepatan unggah tentunya perlu memperhatikan hal ini.


Tri Indonesia

Sebagai anak perusahaan dari CK Hutchison Holdings, sebuah konglomerat dari Hong Kong yang bergerak di bisnis telekomunikasi hingga infrastruktur global, Tri Indonesia termasuk salah satu operator seluler muda di tanah air. Sejak memulai operasinya pada tahun 2007 di Jakarta, Tri Indonesia kini telah menjangkau 227 kota/kabupaten di seluruh nusantara.

Per September 2017, Tri juga telah menyediakan jaringan 4G pada berbagai pulau besar di Indonesia, seperti Jawa, Sumatera, Kalimantan, serta Sulawesi. Tri Indonesia mampu melayani kecepatan download hingga 36 Mbps berdasarkan keterangan yang mereka sebutkan pada peluncuran jaringan 4G LTE di tahun 2015 lalu

Sebagai salah satu operator seluler yang terkenal dengan harga bersahabat, performa upload dan download yang dihasilkan standar. Kami mendapatkan kecepatan tertinggi 6,1 Mbps untuk download dan 8,4 Mbps untuk upload. Ini artinya kecepatan yang ditawarkan sekadar cukup untuk menunjang aktivitas bekerja yang membutuhkan internet saat kamu harus berada di luar kantor.

Pos Terkait :

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *